Mahasiswa USIM Malaysia Sambangi LKP Topibambu foundation Tangerang

Cikupa 2 April 2017, Tangerang merupakan Kota Industri sejak 1976 lalu menjadi penyanggah Ibukota Negara yaitu DKI Jakarta. Pertumbuhan penduduk Tangerang dari tahun ke tahun meningkat dengan bertambahnya kaum urban ke Tangerang  yang banyak kawasan Industri.

Keberadaan Tangerang sudah di bagi menjadi Kota Tangerang terbentuk sejak 1993 dan Kota Tangerang 2008.Kabupaten Tangerang terpisah dengan wilayah Djakarta  27 Desember 1943 dan sekarang telah menuju ke 74 tahun Desember 2017 nanti.

Perkembangan industri  kerajinan bambu telah menjadi logo di pemda Tangerang sejak terbentuknya 73 tahun lalu dengan logo topibambu emas warna kuning.

Perjalanan topibambu sejak 1918 sudah berdiri industri topi panama yang di ajarkan oleh pengusaha jerman kala itu, sampai 1930 produksi Topibambu telah mengekspor hingga eropa dan amerika sumber sejarah Tangerang.

Perjalanan 1984 program Pramuka di galakan oleh Ibu Tien Soeharto dan produksi masal dari tangerang untuk seluruh indonesia  mampu memproduksi 1 bulan sekitar 5000 sd 800 kodi.

Tahun 2011 telah terbentuk komunitas Topibambu sebagai wadah jurnalis dan penjualan online UMKM dan masyarakat menuju Website. Sejak di perkenalkan topibambu di website dan blog permintaan berjalan dan pesenan daei lokal maupun luar negeri berjalan,.

Prestasi di dapatkan dengan membuat Topibambu Terbesar menjadi Rekor dunia berdiameter 2 Meter sejak 11 Agustus 2011, saat itu topibambu menjadi populer kembali dan tersebar di media elekteonik,koran dan TV.

Perjalanan pun tak sampai di situ, kami pun membuat wadah koperasi dan Lembaga kursus dan Pelatihan agar permintaan untuk melestarikan kerajinan lokal maupun potensi masyarakat yang ada dapat memberikan manfaat sehingga dapat tetep lestari.

Keberadaan LKP Topibambu Foundation pun secara legalitas di jalankan dan singkat waktu Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah Islamic Village bekerjasama dengan Kampus University Sains Islam Malaysia untuk memperkenalkan heritage Kabupaten Tangerang  dapat memperkenalkan sambil memberikan wisata edukasi kerajinan dan membatik motif  Kab.Tangerang.

Berikut ini liputan yang kami lakukan untuk memperkenalkan Tangerang ke Dunia Luar.

Spanduk 
Praktek Membatik
Praktek Menganyam Topibambu
Praktek Desain Batik
Menganyam topibambu
Praktek Kerajinan 
Presentasi LKP Topibambu Foundation
Peserta Mahasiswa USIM Malaysia
Dokumentasi Surat kabar
Proses Pembuatan Kerajinan
Mahasiswa USIM Malaysia Sambangi LKP Topibambu foundation Tangerang Mahasiswa USIM Malaysia Sambangi LKP Topibambu foundation Tangerang Reviewed by Kunfayakun on 01.09 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.